********************************************************
------------------------------------------------------------------------

03 Desember 2015

AC untuk ruang Operasi

Bangunan RS mempunyai kekhususan teknis yang tidak ditemui di bangunan gedung umum lainnya terutama terkait dengan peralatan dan instalasi tata udara. Rumah sakit adalah bangunan yang berpotensi menularkan penyakit/infeksi. Bakteri, virus, mikroorganisme yang berada di udara (airborne microorganism), jamur, dan sumber-sumber penyakit lainnya yang dapat menular merupakan hal yang harus menjadi perhatian dalam sistem tata udaranya. Untuk mencegah berkembang biak dan tumbuh suburnya mikroorganisme tersebut, terutama untuk ruangan-ruangan khusus seperti di ruang operasi/bedah, ruang Isolasi dll diperlukan pengaturan sistem tata udara yang sesuai dengan tuntutan masing masing ruang, meliputi parameter temperatur, kelembaban udara relatif, kebersihan dengan cara mengatur filtrasi dan ventilasi , tekanan ruang yang positif atau negatif, dan distribusi udara dalam ruangan.

Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan itu, PT Kumpel Durat menawarkan produk berupa sistem AC yang sesuai dengan “Pedoman Teknis Prasarana Sistem Tata Udara pada Bangunan Rumah Sakit” , yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dirjen Bina Upaya Kesehatan, Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.

Merujuk ke “Pedoman Teknis Prasarana Sistem Tata Udara pada Bangunan Rumah Sakit” akan didapatkan banyak ruangan rumah sakit yang menuntut persyaratan tinggi dalam pengkondisian udaranya.

Contoh Persyaratan Ruang Rumah Sakit:

RUANG OPERASI / RUANG MELAHIRKAN

Total Pertukaran Udara Minimal: 15/jam
Resirkulasi Udara dalam ruangan : Tidak diperbolehkan
Suhu : 20 – 24 °C
Kelembaban relatif : 50 – 60 %
Tekanan terhadap ruang bersebelahan : positif

RUANG PERAWATAN BAYI (FULL THERM NURSERY)

Total Pertukaran Udara Minimal : 12/jam
Resirkulasi Udara dalam ruangan : Tidak diperbolehkan
Suhu : 24 °C
Kelembaban relatif : 30 – 60 %
Tekanan terhadap ruang bersebelahan : positif

RUANG RADIOLOGI (BEDAH & PERAWATAN KRITIS)

Total Pertukaran Udara Minimal : 15/jam
Resirkulasi Udara dalam ruangan : Tidak diperbolehkan
Suhu : 20 – 27 °C
Kelembaban relatif : 40 – 50 %
Tekanan terhadap ruang bersebelahan : positif

Desain Unggul Sesuai dengan Kondisi Lokal

PT Kumpel Durat memberikan solusi berupa Air Conditioning yang memenuhi berbagai tuntutan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Desain Suplai Udara

Desain Suplai udara didesain untuk memberikan kemungkinan aliran udara laminer dengan kecepatan rendah sehingga terasa nyaman dan sekaligus berfungsi untuk membatasi kontaminasi mikroorganisme
Selain itu kapasitas pendinginan, dehumidification, dan volume udara juga telah dirancang khusus sehingga mampu memenuhi tuntutan volume pergantian udara dan suhu ruangan dengan kelembaban relatif (RH) yang sangat rendah walaupun tanpa resirkulasi ( fresh air = 100% ).

Disebabkan kondisi Indonesia yang sangat spesial dengan kelembaban udara luar yang sangat tinggi, maka tuntutan persyaratan ini sangat sulit dicapai hanya dengan menggunakan Air Conditioning/AHU konvensional.

Direct Expansion Technology

Dengan menggunakan teknologi direct expansion yang mana udara langsung didinginkan oleh refrigerant tanpa perantaraan air, maka efisiensi yang tinggi akan dapat diraih oleh sistem ini. Lebih dari itu penghematan energi didapatkan dengan sistim heat recovery yang memanfaatkan panas dari condenser untuk memanasi heater pada Air Handling Unit (indoor unit) nya.

Konfigurasi Air Handling Unit (Indoor Unit)

Unit AHU (indoor) didesain dengan sangat simpel dan compact untuk meminimalkan ruangan AHU sekaligus meminimalkan biaya investasi.

Kehandalan Fitur dengan smart control

Untuk meningkatkan performance, reliability, dan efficiency dari sistem yang dibangun, maka semua komponen dikendalikan dengan menggunakan smart control yang bekerja secara otomatis dengan strategi yang sudah ditanam di dalamnya.

Dilengkapi dengan touchscreen yang akan memudahkan operator dalam memasukkan parameter yang diperlukan dan sekaligus memonitor kondisi ruangan dan parameter AC seperti suhu dan kelembaban cukup dalam satu layar, tanpa harus akses ke ruangan. Hal ini tentu akan memudahkan dan mempercepat proses start up maupun Commissioning.

Selain itu smart control ini akan menyediakan informasi kepada user mengenai waktu operasi, waktu shutdown dan informas mengenai kapan komponen tertentu harus di maintenance atau diganti. Hal ini akan memudahkan user dalam manajemen perawatan.

-------------------------------------------
PT KUMPEL DURAT
Talavera Office Park 28th floor.
Jl. Letjend TB Simatupang kav.22-26
Jakarta 12430
Telp: +62 21 7599 9876
Fax: +62 21 7599 9888
Email: hafit.isandono@kumpel.co.id

PIC: Hafit Isandono (0812 100 6543)

4 komentar:

  1. Pa bisa dibantu utk mengatur kelembapan di ruang OK, bisa tau no HP? hub saya di 0821-23683289

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kontak no diatas Pak, atau email ke ptkumpeldurat@gmail.com

      Hapus
    2. Untuk mengatur Kelebaban Udara menggunakan unit Dehumidifier Absorber Dessiccant ..
      agar dapat diatur nilai tingkat kelembaban udara didalam ruangan sesuai kebutuhan..
      Bila belum jelas hubungi kami : 0813 9869 3136

      Hapus
  2. untuk ruang operasi di RS pake ac merk Ozeon Type Apa ya hub 081293391222 bisa minta no tlp marketing

    BalasHapus