********************************************************
------------------------------------------------------------------------

01 September 2008

Komponen Komponen Pokok Refrigerasi

Operasi refrigerasi butuh suatu mesin yang disebut dengan refrigerator. Refrigerator merupakan kumpulan serangkaian peralatan, seperti:
1. Kompressor.
2. Kondensor.
3. Akumulator.
4. Mesin ekspansi / katup ekspansi.
5. Evaporator.

1. Kompressor
Kompressor adalah alat yang digunakan untuk menghisap uap refrigerant dan mengkompresinya sehingga tekanan uap refrigerant naik sampai ke tekanan yang diperlukan untuk pengembunan (kondensasi) uap regrigerant di dalam kondensor.

Kompressor ini digerakkan oleh sumber tenaga dari mesin penggerak, seperti:
• Motor listrik
• Motor bakar
• Diesel
• Mesin uap
• Turbin gas
Pada kompressor, berlaku persamaan neraca energi;

Karena kompressi, fluida kerja (uap refrigerant) terkompressi menjadi naik entalpinya (H2 > H ), sehingga dapat dikatakan energi dari sumber digunakan untuk menaikkan entalpi fluida kerja.

2. Kondensor
Kondensor merupakan alat penukar panas yang berguna untuk mendinginkan uap refrigerant dari kompressor agar dapat mengembun menjadi cairan. Pada saat pengembunan ini, refrigerant mengeluarkan sejumlah kalori (panas pengembunan) yang mana panas ini diterima oleh media pendingin di dalam kondensor.

3. Akumulator
Merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan cairan refrigerant yang berasal dari kondensor. Dengan adanya alat ini akan memudahkan pengaturan stock dari total refrigerant.

4. Mesin Ekspansi atau Katup Ekspansi
Mesin atau katup ekspansi ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dari cairan refrigerant sebelum masuk ke evaporator, sehingga akan memudahkan refrigerant menguap di evaporator dan menyerap kalori (panas) dari media yang didinginkan.

5. Evaporator
Juga merupakan alat penukar panas. Refrigerant cair dengan tekanan rendah setelah proses ekspansi, diuapkan dalam alat ini. Untuk penguapan refrigerant cair ini tentunya diperlukan sejumlah kalori, yang mana diambil dari media yang akan didinginkan oleh sistem refrigerasi. Misalnya pada mesin Air Conditioning (AC), media yang didinginkan adalah udara di dalam ruangan (kamar). Begitu pula pada kulkas, media yang didinginkan adalah ruangan dalam kulkas dan segala sesuatu yang berada dalam kulkas. Uap refrigerant yang terbentuk di evaporator langsung dihisap oleh kompressor, demikian seterusnya mengulangi langkah pertama tadi sehingga membentuk suatu siklus, yang disebut dengan siklus refrigerasi.

13 komentar:

  1. saya pernah membaca berita tentang sumber air melalui pengembuna udara malam hari, apakah nama alat tersebut, di mana saya bisa mendapatkannya.
    mohon bantuannya

    sophan_tgr@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Saya dulu pernah ngobrol dengan perancang yang membangun di Nusa Tenggara, namanya pak Achsin Cholik (BPPT). aslinya teknologi ini setahu saya dari daerah skandinavia (Swedia atau denmark). Sayang saya sudah lama tidak kontak beliau lagi.

    BalasHapus
  3. Trimakasih informasinya pak. Saya detik ini lagi nyari solusi kenapa lapisan atas freezer 1 pintu saya (toshiba), lobang bekas terbakar? Posisinya di atas pengatur suhu. Belum ketemu jawabannya. Masih hunting. Trimaksih.

    BalasHapus
  4. brp ya.ukran standar suction dan discharge untuk chiller Air cool...GASnya R22..trm ksh

    BalasHapus
  5. Ukuran pipa suction dan discharge tergantung besarnya compressor yang digunakan (cooling capacity yang ingin diraih) dan jarak antara compressor,condensor dan evaporator (pressure drop). Cara yang sederhana, samakan saja dengan inlet dan outlet evaporator. Biasanya produsen evaporator sudah menghitung sesuai cooling capacitynya.

    BalasHapus
  6. aq ingin meprdalam tentang pendinginan
    dmna ia temptnya tuk mpelajarinya
    ia smacam bimbel gtu..

    BalasHapus
  7. Kalau Bimbel saya belum tahu. Kalau BLK (Balai Latihan Kerja) yang mendidik teknisi pendingin saya tahu ada di Jakarta di Cijantung.

    BalasHapus
  8. ada spesifikasi tentang heat exchanger tdak? kita bisa milih HX, dari aspek apa saja yang haruh kita pertimbangkan untuk bisa dapatkan hx yg cocok untuk sistem saya?? tolong bantuannya...

    BalasHapus
  9. fendy smkn2 ppu5 Maret 2011 23.38

    mengpa pada saat AC star terdapat bunga es (salju) dibagian pipa kecil???,mhon penjelasanx!!!!terima kasih ....

    BalasHapus
  10. komponen-komponen apa saja yang ada pada kondensor?

    BalasHapus
  11. minta tlg bagikan gambar instalasi mesin pendingin untuk pembekuan cklat blok berat kira2 2kg.

    BalasHapus
  12. minta tolong buku atau referensi apa tentang teknik pendingin yang ada perhitungannnya secara lengkap, tapi versi bahasa indonesia. tks

    BalasHapus